Rabu, 16 Mei 2012

~* JEMUKAH MEMBACANYA? *~


~* PERNAH JEMUKAH MEMBACANYA? *~

 






السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ



Saiyidina Ali bin Abi Thalib mengatakan, “Aku datang kepada Rasulullah saw, kemudian beliau berkata kepadaku, “Wahai Ali, ketahuilah bahawa akan ada sebuah bencana”. Aku bertanya, “Lantas apa jalan keluarnya, ya Rasulullah?” Baginda Rasul menjawab,

“Kitab ALLAH. Di dalamnya terdapat berita umat-umat sebelum kamu, dan informasi orang-orang setelah kamu, serta aturan antara kamu. Al-Quran adalah penjelasan yang tegas dan bukan mainan. Barangsiapa yang meninggalkannya kerana kesombongan, maka ALLAH akan menghancurkannya. Dan barangsiapa yang mencari petunjuk di luar Al-Quran, maka ALLAH akan menyesatkannya"

Al-Quran adalah peringatan yang bijak, dan jalan yang lurus. Barangsiapa yang berkata atas dasar Al-Quran, maka ia akan berkata benar. Barangsiapa yang menentukan (menghukumi) atas dasar Al-Quran, maka ia akan berlaku adil. Barangsiapa yang mengamalkannya, maka ia akn mendapat pahala. Dan barangsiapa yang menyeru (manusia) kepadanya, maka ia akan ditunjukkan ke jalan yang lurus.
Dengannya, obsesi-obsesi tidak akan menyimpang, dan lidah-lidah tidak akan kesulitan(membacanya). Orang-orang yang berilmu tidak akan pernah kenyang menyerap (kandungan) Al-Quran. Orang-orang yang bertakwa tidak akan pernah jenuh (membaca) Al-Quran. Seringnya diulang tidak akan membuat rasanya menjadi hambar, dan keajaiban-keajaibannya juga tidak akan pernah habis.

Al-Quran inilah yang begitu didengar oleh (bangsa) Jin, mereka lantas menyatakan, ‘Sesungguhnya kami mendengar sebuah bacaan yang menakjubkan, yang memberikan petunjuk ke arah yang tepat, sehingga kami pun mengimanninya;.” (HR At-Tirmidzi dan Ad-Darimi)


Ya, anda benar, Rasulullah! Akan betul-betul ada sebuah bencana, di mana jalan keluarnya telah ada di hadapan kami…. Di dalamnya terdapat berita masa lalu, informasi masa depan, dan aturan masa kini… Beginilah, Al-Quran selalu sesuai di setiap tempat dan waktu sebagaimana dijelaskan oleh Rasulullah saw yang tidak pernah berbicara atas dasar hawa nafsu.
Dengannya, obsesi-obsesi diri tidak akn pernah menyimpang.

Sungguh, orang yang menjadikan Al-Quran sebagai pedoman dan tuntunan, ia tidak akan pernah menyimpang. Al-Quran juga tidak akan pernah mambuat pembacanya menjadi bosan meskipun sering diulang-ulang. Pernahkah sebelumnya anda mendengar seseorang yang membaca sebuah buku sampai dua puluh kali?!
Tentu saja itu mustahil. Orang tersebut tentu akan merasakan jenuh dan bosan. Sedangkan Al-Quran, setiap kali kita mengulang untuk membacanya, setiap kali itu pulalah kita bertambah senang, rindu dan semakin menyukainya.

Betulkah anda merasakan nilai-nilai ini? Ataukah anda sekadar membacanya begitu saja?!


Saudaraku tercinta, bacalah hadis di atas sekali lagi dan resapilah segala kandungannya, kalimat demi kalimat.

ﺁﻣِّﻴﻦَ ﻱَ ﺭَ ﺑَّﻞْ ﻋَﻠَﻤِﻴّﻦْ ..

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


...Salam Ukhuwah.... ...